1

Jumat, 07 Juni 2013

MAKNA MENYANTUNI ANAK YATIM

Perlu anda ketahui memberikan santunan anak yatim merupakan suatu kegiatan yang sangat mulia. Seperti yang kita ketahui memperoleh kehidupan dan pendidikan yang layak adalah hak setiap manusia, apalagi lagi bagi anak-anak. Dalam riwayatnya Rasulullah telah mencontohkan kepada umatnya untuk selalu mengasihi anak-anak dengan memberikan hak-hak mereka secara wajar. Nah dalam hal ini tidak semua anak-anak mendapatkan apa yang seharusnya menjadi hak mereka.

Seperti yang kita lihat ada sebagian dari mereka yang kehilangan orang tua sehingga mereka menjadi yatim piatu yang tidak mendapat kasih sayang dari oatng tua yang semestinya mereka dapatkan atau ada pula sebagian mereka yang hidup di lingkungan yang serba kekurangan. Jadi oleh karena itu, dalam hal ini dalam Hadist, bahwa Rasulullah Shallallahu Alayhi Wassalam  menekankan kepada umatnya yang mampu untuk selalu berbagi dan mengasihi serta memberikan santunan anak yatim. Saling mengasihi hukumnya wajib dan kasih sayang bagaikan suatu mata air yang selalu bergejolak untuk melepaskan ribuan kubik air bening tanpa pernah habis. Nah begitu pula sama halnya seperti pancaran sinar cerah matahari, yang dari dahulu sampai saat ini terus menerus memancarkan sinarnya tiada berhenti. Jadi harusnya seperti itu juga kasih sayang kita kepada anak-anak yatim yang membutuhkan perhatian dan kasih sayang yang selayaknya mereka dapatkan.

Dalam hal ini memberikan bantuan atau sedekah berupa santunan anak yatim dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Banyak orang-orang yang memilih untuk bersedekah dengan menyantuni ank yatim sebagai suatu solusi atas berbagai persoalan yang tengah dihadapi dengan harapan mendapatkan Ridha dari Allah Arrahman
untuk masalah yang mereka hadapi. Dan tentunya hal ini merupakan perbuatan yang mulia dan juga akan meninggikan amalan kita, tetapi lebih baik lagi kalau kita menyantuni anak yatim karena wujud cinta kita dan taqwa kepada Allah Arrahman Seperti dalam sebuah hadist dimana Rosululloh saw bersabda, “seseorang yang memutuskan untuk memberikan sedekah atau memberikan santunan terhadap anak yatim artinya mereka akan mendekatkan diri mereka pada pintu surga”. Nah dengan memberikan santunan anak yatim maka akan membuat semakin aman dan nyaman dalam menjalankan ibadah lainnya. Semoga kita sebagai hamba Allah Subhanhu Wa' Ta'alla selalu mendapatkan lindungan dan bantuan dari Alloh SWT dengan saling berbagi kepada anak yatim, amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar